Tentang Kami

Literasi Visual merupakan sebuah gerakan sosial dengan dasar kekuatan melalui dokumentasi kearifan lokal sebagai salah satu ruang pembelajaran bagi generasi mendatang.

Sebagai gerakan sosial, maka literasi membutuhkan bentuk dan strategi dalam menjalankan organisasi seperti yang tertuang dalam visi dan misinya.

Literasi Visual beranggotakan perseorangan yang memiliki kemampuan dalam bidang jurnalistik baik menulis, foto dan video serta mengelola informasi yang ada sehingga dapat menjadi informasi pembanding dari informasi yang telah ada.

Embrio Literasi Visual

Gagasan membangun gerakan ini berawal dari kecemasan beberapa orang pendiri menghadapi kurang pekanya generasi muda saat ini terhadap kekuatan literasi sebagai bahan referensi bagi generasi mendatang. Perkembangan kemajuan zaman yang menuntut generasi muda untuk bergelut dengan digitalisasi menjadi dasar landasan Literasi Visual menjadikan multimedia sebagai alat menyimpan data terbaik. Sejarah yang dulu kita temukan dalam buku kini bisa dikemas dalam video menarik yang lebih mudah dipahami.

Melalui fenomena ini, beberapa anak Aceh yang bergelut dalam dunia multimedia turut melakukan gerakan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan sejarah di masa depan, terlebih lagi Aceh memiliki banyak sekali sejarah mulai dari budaya benda dan tak benda yang hampir luput dari perhatian era modern ini.

Dengan kata lain, Literasi Visual merupakan bentuk literasi yang tertuang dalam bentuk tulisan kekinian, foto dan video terkait sejarah dan budaya serta kondisi lingkungan sebagai sebuah bagian Etnosains masyarakat lokal.

Visi dan Misi Literasi Visual

Visi : Meningkatkan Literasi dan mengangkat kembali nilai-nilai kearifan lokal (Etnosains) Aceh.

Misi: 

  1. Mendokumentasikan sejarah dan budaya yang ada di Aceh
  2. Menjadikan Literasi Visual sebagai sebuah rujukan pembelajaran terkait budaya serta kearifan lokal Aceh secara visual.
  3. Wadah pembelajaran dan peningkatan kapasitas bagi kelompok masyarakat dalam hal literasi, komunikasi dan digitalisisasi.

Tujan Literasi Visual

Dibentuknya Literasi Visual adalah sebagai wadah bagi masyarakat luas serta beberapa kelompok terkait informasi seputar sejarah dan budaya Aceh.

Mengumpulkan data-data yang berkenaan dengan etnosains dan dipadukan dalam sebuah bentuk pembelajaran melalui visual dari sumber yang terpercaya dan asli sehingga memunculkan literasi yang benar.

 

Transfer Knowledge Literasi Visual

Non Profit

Dalam Era digital sekarang ini, Literasi Visual menyelenggarakan kegiatan yang bersifat tidak berbayar (Non Profit) dalam upaya peningkatan kapasitas bagi kelompok masyarakat dalam hal literasi, komunikasi dan digitalisasi.

Beberapa contoh kegitan yang bersifat non profit yang dimaksud seperti:   

  • Literasi Visual Goes to School.
  • Pembuatan dokumentasi kearifan lokal Aceh.
  • Pendampingan dan penguatan literasi, komunikasi dan digitalisasi bagi kelompok masyarakat.
  • Penggalangan dana publik terkait isu-isu sosial, kebencanaan dan lainnya.

 

Profit (Bisnis)

Pelatihan terkait penguatan literasi, komunikasi dan digitalisasi bagi lembaga pemerintah dan atau perusahaan (corporate) khususnya pelatihan bidang jurnalistik, publikasi serta asistensi produk jurnalis untuk Pemerintah Aceh, pemerintah daerah serta perusahaan.

Beberapa contoh kegitan yang bersifat profit yang dimaksud seperti:   

  • Training skill ( foto, video, Desain Grafis)
  • Kemitraan media
  • Kanal Berita (KataAlpha.com)

Status dan Pengurus

Dalam mencapai tujuannya, maka Literasi Visual membentuk struktur organisasi dengan bentuk Social enterprise yang secara sederhana dapat diartikan sebagai ide bisnis yang profit-oriented sekaligus social-oriented. Dengan konsep ini diharapkan dapat memaksimalkan keuntungan sekaligus memaksimalkan manfaat untuk sosial dan lingkungan yang ada.

Bentuk kepengurusan dipimpin oleh koordinator yang bertanggung jawab pada bidang masing-masing yaitu:

Koordinator Umum Ratno Sugito
Koordinator Literasi Visual Community Geubrina Putri Ramadhami
Koordinator Fundraising Literasi Visual Eva Hazmaini
Koordinator Keuangan Darti Majdisha
Koordinator Administrasi Fahmi
Tenaga Ahli Literasi Visual Muhammad

Nanda Putri

Maisal Jannah

Zakiyah Ulfa

Siti athiya alifa

 

Karya Literasi Visual

Literasi Visual telah menghasilkan beberapa beberapa karya dalam upaya mencapai misi visinya, diantaranya adalah:

  1. Kanal Berita com sebuah kanal berita dari anggota Literasi yang merupakan bisnis sosial (Social enterprise) untuk menopang kebutuhan pendanaan Literasi Visual.
  2. Film “RISE UP” (Bangkit) yang mengisahkan para penyintas bencana Tsunami Aceh pada tahun 2014 lalu yang diunggah dalam Akun YouTube Literasi Visual https://youtu.be/iJ_O019p2wk    

 

Informasi Lanjut

Untuk  informasi  lebih  lanjut  terkait  Literasi Visual dapat menghubungi Website Literasivisual.org dan media Kataalpha.com